Kabupaten Bolaang Mongondow untuk tahun 2021 mendatang memperoleh jatah kuota sebanyak 1075 khusus tenaga guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Kabar gembira ini datangnya dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kadis Pendidikan Renti Mokoginta dan Kepala BKPP Umarudin Ambah di Hotel Claro-Makasar, Rabu (03/12/2020).

Dalam penyelanggaraan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyampaikan semua guru honorer bisa menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( P3K ) atau PPPK.

“Untuk guru honorer, semua punya kesempatan untuk mengikuti tes seleksi PPPK atau P3K, tanpa ada kuota,” kata Nadiem.

Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta mengungkapkan rasa syukur atas perolehan jumlah kuota yang diperoleh tahun 2021 mendatang. “Kita di Kabupaten Bolmong berkat komunikasi yang baik bersama Ibu Bupati, Alhamdulillah kuota P3K tenaga guru sesuai dengan penetapan memperoleh 1075,” kata Renti.

Dijelaskannya, 1075 tersebut meliputi 664 Guru SD dan 114 Guru SMP. “Perekrutan tenaga kontrak P3K ini melalui proses seleksi secara online Kemendikbud,” jelas Kadis Pendidikan.

Dia berharap, dengan ketersediaan jumlah kuota yang diperoleh tersebut, mampu mengakomodir kekurangan tenaga guru di daerah. “Memang kita di Bolmong sangat kekurangan tenaga guru. Bersyukur karena pemerintah pusat mengakomodir keluhan dari seluruh daerah termasuk Bolmong,” tambah Renti Mokoginta. (cepe)