Tanoto Foundation dan Pemerintah Daerah mendirikan 22 Rumah Anak SIGAP sebagai fasilitas pusat layanan pengasuhan secara berkelanjutan untuk mendukung orang tua dan pengasuh agar dapat memiliki kesadaran, pengetahuan dan kecakapan dalam pengasuhan Anak Usia Dini yang holistik dan integratif. Khususnya bagi anak usia 0-3 tahun di 3 daerah, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Kutai Kartanegara.      


Usia Emas atau ‘golden age’ menjadi tahapan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Usia Emas dalam rentang usia 0 sampai 5 tahun merupakan periode terbaik dalam perkembangan fisik dan otaknya. Pusat Pengembangan Anak di Harvard University bahkan menyatakan bahwa 90% perkembangan otak anak terjadi sebelum ia menginjak usia 5 tahun.  

Fakta ini membuat banyak pihak, khususnya orangtua harus lebih serius dan sungguh-sungguh dalam mengasuh anak di periode usia emas ini. Pengasuhan ini bukan hanya berfokus pada pertumbuhan anak saja tetapi juga perkembangan sesuai tahapan usianya. 


Menyadari bahwa periode emas tumbuh kembang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia dan tidak bisa diulangi lagi, Tanoto Foundation melalui Program SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) ingin memastikan bahwa setiap anak Indonesia berkembang sesuai dengan tahap perkembangnya dan siap bersekolah. 


Untuk mencapai tujuan besar ini, Tanoto Foundation menitikberatkan programnya pada 3 strategi pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif, yaitu penurunan angka stunting, peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini, dan meningkatkan akses ke layanan anak usia dini yang berkualitas.  


Intervensi yang dilakukan pada usia di bawah tiga tahun melalui orang tua penting untuk dilakukan sebab perkembangan anak di usia tersebut akan menjadi dasar dari perkembangan anak di tahap selanjutnya. Program SIGAP mengembangkan model layanan Rumah Anak SIGAP untuk membekali keluarga dalam mengasuh anak usia 0-3 tahun sesuai tahapan tumbuh kembang anak secara holistik  integratif. Hubungan orang tua dan anak yang diperoleh dari stimulasi psikososial mendasari terbentuknya pertumbuhan positif pada anak. 


Pembentukan hubungan pada tahap awal pertumbuhan anak memiliki peran penting dalam membentuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak pada masa yang akan datang. Ragam layanan yang tersedia di Rumah Anak SIGAP adalah kegiatan pengasuhan bersama, kegiatan individu/ konsultasi keluarga (orang tua dan anak), kunjungan rumah, dan beberapa kegiatan pendukung lainnya. 


“Sebuah kehormatan bagi Tanoto Foundation untuk dapat bermitra dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta pemerintah daerah, yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam upaya pengembangan Anak Usia Dini dan Pencegahan Stunting,” kata Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation saat memberi sambutan dalam acara Pembangunan dan Renovasi Rumah Anak SIGAP, yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Ibu (22/12/2020). 


sumber