Guna mendukung siswa belajar di era digitalisasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua memberikan bantuan berupa Kios Pintar atau KIPIN.


“Kios Pintar ini merupakan sebuah alat berbentuk seperti mesin ATM, yang berisi ribuan buku-buku digital yang dapat diakses oleh para siswa bahkan saat tidak ada jaringan internet,” ujar Kepala BI Papua, Naek Tigor Sinaga, saat memberikan bantuan Kios Pintar di SMANKOR Papua, Distrik Heram, Kota Jayapura, Senin (21/12/2020).


Menurut Sinaga, melalui Kios Pintar tersebut akses para siswa untuk mencari bahan pembelajaran akan semakin mudah dan bisa diakses secara gratis.


“Kios Pintar ini kami berikan kepada empat sekolah menengah atas, yaitu SMAN Keberkatan Olahraga Papua (SMANKOR) Papua, SMAN 1 Kota Jayapura, SMKN 6 Kota Jayapura, SMA Katolik Taruna Dharma Kotaraja,” ujar Sinaga.


Menurut Sinaga, Kios Pintar pertama kami hadir di Papua dan di kawasan Timur Indonesia. Adanya Kios Pintar diharapkan dapat memajukan pendidikan sekaligus sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru dari Bank Indonesia.


“Semoga apa yang telah Bank Indonesia lakukan mampu mendorong terciptanya generasi-generasi emas di Papua yang berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan di daerah serta mewujudkan SDM yang unggul menuju Indonesia Maju,” ujar Sinaga.


Sinaga menambahkan selain memberikan bantuan Kios Pintar, BI juga memberikan bantuan peralatan belajar digital berupa laptop, proyektor, dan layar kepada 13 lembaga pendidikan di Jayapura dan tiga lembaga pendidikan di Kabupaten Merauke.


Selain itu, hingga 2020 tercatat BI sudah mendirikan lebih dari 10 BI Corner dan Pojok Dongeng yang tersebar di berbagai lembaga pendidikan. Menyalurkan bantuan beasiswa kepada 250 mahasiswa/mahasiswa terbaik di lima perguruan tinggi.


sumber