Pelajar Muhammadiyah kembali berjaya di tingkat nasional. Kali ini, Adinda Rafa Agita, siswa MIM 3 Gosari Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur meraih juara dua kompetisi sains madrasah online 2020 bidang matematika.

Kompetisi yang digelar Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI ini diikuti oleh ratusan sekolah seluruh Indonesia serta dilaksanakan secara daring karena dalam masa pandemi Covid-19.

Kepada TIMES Indonesia, Adinda Rafa mengaku bersyukur bisa menorehkan prestasi yang dia peroleh. Berkat kerja keras belajar berhitung, anak kedua dari dua bersaudara ini mendapat juara dua nasional.

"Tentu senang sekali, ini sebagai pelecut semangat agar lebih giat belajar lagi. Awalnya ada lomba ini dikasih tahu Bu Guru. Kemudian, saya giat untuk terus berjalan," katanya, Kamis (3/12/2020).

Kepala MIM 3 Gosari Misbakhud Dawam mengatakan, prestasi yang diraih anak didiknya ini tak terlepas dari peran semua pihak utamanya guru pembimbing di kelas serta wali murid yang selalu mendukung.

Dawam menerangkan, meski di tengah pandemi, pihak sekolah tetap memberikan pembelajaran maksimal dengan cara daring maupun luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan bisa memotivasi pelajar lain ataupun madrasah lainnya. Hal ini untuk meningkatkan anak-anak lebih baik dan tentunya madrasah bermartabat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala KKMI Kecamatan Ujungpangkah Muhammad Aunur Rohim berharap prestasi yang diraih MIM 3 Gosari bisa diikuti sekolah lain sehingga menularkan semangat untuk berprestasi.

Aunur juga mengapresiasi langkah sekolah yang terus mengembangkan model pembelajaran inovatif meski dalam keadaan wabah corona. Dia pun berharap agar lembaga pendidikan lain dapat mengikuti dan menorehkan prestasi ini.

"Ini prestasi luar biasa dari Ujungpangkah Semoga bermanfaat. Kami berharap lembaga pendidikan lain ikut termotivasi atas prestasi nasional tersebut," harapnya menanggapi pelajar MIM 3 Gosari Gresik menjuarai kompetisi matematika nasional.