Bila memang tidak suka matematika, maka kalian jangan memaksakan. Bila dipaksakan, maka kalian akan pusing sendiri.

Jadi bila sudah lulus dari bangku SMA, SMK/Sederajat, dan ingin kuliah tidak ketemu lagi dengan matematika, maka kalian bisa memilih beberapa jurusan kuliah yang direkomendasikan demi mudah memperoleh gejar Sarjana atau S1. Berdasarkan rangkuman Kompas.com pada Jumat (4/12/2020), setidaknya ada 8 jurusan kuliah yang bisa kalian pilih bila tidak ingin bertemu dengan matematika lagi. Jadi mari simak dengan seksama, apa saja jurusan kuliah yang bisa kalian ambil. Agar, kalian tidak salah langkah dalam memilih. 

1. Jurusan Ilmu Komunikasi Ketika mengenyam pendidikan di Jurusan Ilmu Komunikasi, maka kalian akan mendapat ilmu tentang menulis berita, public speaking, membuat iklan, desain, potografi, hubungan masyarakat (humas), menjadi pembawa acara, dan masih banyak pelajaran seru lainnya yang bisa dapatkan. Bukan hanya belajar tentang ilmu komunikasi secara menyeluruh saja, kalian di jurusan ini juga akan pandai berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi goodbye untuk matematika. 

2. Jurusan Ilmu Filsafat Kalian tidak suka menghitung, bukan berarti tidak suka berpikir. Bila kalian suka berpikir dan kritis, maka Jurusan Ilmu Filsafat yang bisa dipilih. Di jurusan ini, kalian akan diajak memikirkan kehidupan manusia di dunia, siapa pencipta alam semesta ini, dan berbagai pertanyaan menarik lainnya. 

3. Jurusan Sastra Di Jurusan Sastra, hidup kalian akan indah, karena akan banyak mengenyam ilmu terkait sastra dan bahasa. Kedua ilmu tersebut akan banyak menyerap tentang pendidikan drama, puisi, kisah, dan yang lainnya. Ada beberapa perguruan tinggi di negeri ini, bila jurusan sastra dan bahasa merupakan satu kesatuan. Di bagian bahasa, kalian akan mempelajari terkait ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan tata bahasa. Baca juga: Mendikbud: Keputusan Belajar Tatap Muka Semester Depan di Tangan Pemda dan Komite Sekolah Pastinya akan membuat kalian tertarik dan tak akan ketemu hitung-hitungan matematika yang rumit. 

4. Jurusan Desain atau Animasi Wah, Jurusan Desain, baik grafis, komunikasi visual, dan animasi sudah dipilih banyak orang. Jurusan kuliah ini sangat menarik, karena lebih banyak menggambar dibanding menghitungnya. Apabila kalian ingin belajar desain grafis dengan cakupan lebih luas, maka bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Bila ingin memilih jurusan animasi, maka akan fokus pada film atau game 3D. Nantinya, kalian akan menjadi animator hebat. 

5. Jurusan Ilmu Sejarah Pada saat kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah, maka kalian akan lebih banyak memperoleh ilmu terkait peristiwa yang sudah lama atau masa lampau. Dari pelajaran itu, maka kalian akan bisa membandingkan terkait keadaan masa lampau dengan masa saat ini. Bila kalian lulus di jurusan ini, maka kalian bisa menjadi sejarawan atau budayawan. Selamat menjalankan! 

6. Jurusan Ilmu Hukum Belajar di Jurusan Ilmu Hukum, bisa jadi tak berjumpa dengan matematika, tapi jurusan ini banyak mengandalkan pendalaman konsep dan teori yang mendalam. Ketika sudah lulus di jurusan ini, kalian tidak bisa langsung kerja, karena harus menimba ilmu kembali di beberapa lembaga hukum, pengadilan, kejaksaan, maupun lainnya. Paling terpenting, kalau sudah lulus di jurusan ilmu hukum, kalian harus membela kebenaran, jangan sampai membela yang mereka hanya berduit saja. 

7. Jurusan Hubungan Internasional Jika kalian suka bekerja menjadi diplomat atau berhubungan dengan politik internasional, maka bisa memilih Jurusan Hubungan Internasional. Di jurusan kuliah ini, kalian juga harus pandai berkomunikasi dan menguasai bahasa asing. Bila sudah menjadi diplomat, maka kalian siap bekerja di luar Indonesia. Pastinya seru dan menarik, apalagi bagi orang yang ingin menimba pengalaman di luar negeri. 

8. Jurusan Sosiologi Jurusan Sosiologi memang cocoknya bagi mereka yang lulus dari IPS. Karena, di jurusan ini kalian akan belajar banyak terkait sosial masyarakat dan interaksi masyarakat. Memang di jurusan ini cukupannya sangat luas, karena ada beberapa program studi yang bisa dipilih, seperti Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Industri, Sosiologi Gender, dan Sosiologi Lingkungan. 

Jadi itulah 8 jurusan kuliah yang bisa kalian pilih, bila tidak suka dengan matematika. Tapi, jangan lupa pada saat kalian menjalankan tugas penelitian, maka bisa menggunakan dengan metode kuantitatif. Pada proses penelitian itu, maka kalian akan menjumpai sedikit terkait ilmu matematika. Memang tidak banyak ilmu matematika yang digunakan, tapi memang kalian harus lewatkan. Demi tujuan akhir kalian, yakni bisa meraih gelar S1 dari bangku perguruan tinggi. 

sumber