Wabah virus korona (Covid-19) bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi. UNESCO mencatat ada sekitar 290,5 juta pelajar di seluruh dunia terganggu proses pendidikannya akibat ditutupnya sekolah. Salah satu kebijakan pendidikan di masa pandemi ini yaitu adanya inovasi pendidikan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menggunakan beberapa teknologi informasi yang ada seperti whatsapp grup, google classroom, google meet, google form dan lain sebagainya. 

Pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang baru bagi guru maupun siswa. Jika sebelum adanya wabah korona hal yang jamak terjadi adalah siswa mengadopsi contoh disiplin dan tanggung jawab dari gurunya melalui sikap maupun tutur kata seorang guru karena kegiatan belajar mengajar dilakukan di sekolah secara rutin. Lalu bagaimana dengan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di masa pandemi ini? Berkowitz dan Bier berpendapat bahwa pendidikan karakter merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu peserta didik dalam perkembangan etika, tanggung jawab melalui model dan pengajaran karakter yang baik melalui nilai-nilai universal. 

Menurut Siswanto (2001) disiplin ialah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya 

 Menurut Burhanudin (2000) tanggung jawab adalah kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan atau tugas yang diemban dan kesanggupan untuk memikul resiko dari suatu perbuatan yang dilakukan.
  Pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan hal yang sangat urgent dan tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan, demikian juga pada peserta didik di SMP Negeri 1 Andong, Boyolali. Penanaman pendidikan karakter displin dan tanggung jawab dalam pembelajaran jauh tetap dilakukan salah satunya yaitu dengan menggunakan google form. Tentu saja ini perlu kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat.

 dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di masa pandemi ini. Salah satu software yang mudah diakses, gratis digunakan, sederhana dalam pengoperasiannya, dan cukup baik untuk dikembangkan sebagai sarana Penanaman pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SMP Negeri 1 Andong adalah Google Form. Google Form merupakan salah satu komponen layanan Google Docs (https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/).

 Guru merasa terbantu dengan kemampuan Google Form dalam merekapitulasi hasil belajar peserta didik. Hasil tersebut juga dapat di-download dalam format Microsoft Excel sehingga bisa dianalisis dan disajikan sesuai dengan keinginan, termasuk di dalamnya guru bisa memantau hal-hal sebagai berikut : apakah peserta didik disiplin dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh sesuai jadwal yang ditentukan dengan melihat waktu peserta didik mengirimkan tanggapan, apabila tidak, guru dapat mengingatkan melaui WA atau telepon.