Pandemi Covid-19 memaksa kegiatan pembelajaran di sekolah dihentikan untuk waktu yang tidak ditentukan. Oleh karena itu, warga pendidikan kini belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Salah satu guru pun menceritakan keluh kesahnya selama PJJ kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang hadir dalam acara, yakni Tri Worosetyaningsih Guru SMP N 2 Pakem. Dia menyebut halangannya adalah internet.

“Pembelajaran di masa pandemi ini, sebelum covid itu kita memang adopsi digital meskipun kita sekolah di lereng gunung merapi. Dampak tidak terlalu banyak, halangannya di belajar di rumah ini kami kendalanya itu ada di internet. Itu terkait dengan siswa,” ungkap dia webinar Merdeka Belajar, Transformasi Pendidikan Indonesia, Jumat (22/1).

Anak-anak yang terkendala dengan internet, diakali dengan meminta orang tua murid mengambil tugas ke sekolah, dengan hal ini pembelajaran dapat berjalan lancar. Selain itu, pihaknya juga mendengat keluh kesah para murid dan guru melalui sebuah grup online. “Kami sendiri masuk grup orang tua dan siswa, jadi tau kendala permasalahan di rumah,” tutur dia.

Terkait penyederhaann kurikulum, ia merasa samhat membantu. Sebab banyak guru terbebani akibat tidak bisa mencapai target komperensi yang harus diajarkan.

“Ini sangat membantu, karena banyak guru PNS pensiun, dengan jam yang banyak dan administrasi berlembar-lembar ini guru terbebani dan berimbas kepada peserta didik, guru juga jadi tidak folus pada pembelejaran ke target yang diharapkan. Guru juga jarang bisa menuangkan ide kreatif dan ini berimbas bagi merdeka belajar untuk anak-anak,” ujar Tri.

Sementara itu, Nurul Mahbubah Guru SMA N 1 Batu Ampar mengatakan hambatannya adalah jarak yang jauh dari sekolah dan akses jaringan yang tidak memadai. “PJJ dengan online pasti internet itu jadi salah satu hal yang tekendala. Pandemi ini kita harapkan berlalu, tapi kita harus tetap optimis dan beradaptasi,” pungkasnya.

Namun, curhatan itu tapi tidak direspons oleh Nadiem Makarim. Karena dia sudah selesai melakukan webinar usai sesi wawancara dengan guru.