Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 telah resmi dibuka. Terdapat beberapa penyesuaian dalam pelaksanaannya.

Salah satunya adalah soal pemutakhiran data sekolah. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Pengapusan Tombol “Simpan Permanen” Pada Portal Akun Sekolah dan Pengunduran Masa Sanggah. SE tersebut sudah ditandatangani oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih.

“Sehubungan dengan proses pemutakhiran data sekolah pada sistem Dapodik/Pusdatin Kemendikbud yang bersamaan dengan peralihan kegiatan belajar dari semester gasal ke semester genap, dan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah melakukan pemutakhiran data sekolah dan siswa kelas XII di portal LTMPT (termasuk yang sudah melakukan simpan permanen sebelumnya), maka tombol “Simpan Permanen” dihapus,” tulis surat tersebut dikutip JawaPos.com, Minggu (17/1).

Sementara itu, untuk layanan Masa Sanggah yang harusnya ditutup pada 15 Januari 2021, kini diundur hingga 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Hal ini dilakukan guna sekolah dapat memperbaiki dan memastikan data yang diinput benar.

“Dengan demikian semua sekolah dapat melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT melalui tombol Perbarui Data,” terangnya.

Diminta juga agar sekolah tidak melakukan finalisasi di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelum memastikan telah melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT atau data “portal LTMPT”.

“Harus sama dengan data pada verval Dapodik/Pusdatin Kemendikbud,” sebutnya.

Adapun, berikut jadwal kegiatan SNMPTN 2021 adalah:

Registrasi akun LTMPT: 4 Januari-1 Februari

Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari-8 Februari

Pengisian PDSS: 11 Januari-8 Februari

Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari

Pengumuman Hasil SNMPTN: 22 Maret


sumber



Homeschooling - Bimbel Les Privat - UTBK Kedokteran PTN - Kuliah Online - PKBM