Siapa bilang kuliah cuma belajar di kelas aja? Ada kalanya ilmu yang sudah kita pelajari selama kuliah diterapkan ke dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat di bangku perkuliahan adalah Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat KKN. Kegiatan KKN Reguler salah satu peserta KKN kelompok R-06 mengadakan pengajaran melukis dan menulis untuk anak-anak SD di Desa Ngaglik RT 05 RW 02 Kecamatan Kasiman, Bojonegoro.

Pada tahun 2020 KKN dilakukan secara individu di daerahnya atau kampung halamannya masing-masing. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang belum selesai. Setyo Budi Hermawanto, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik selaku peserta KKN tahun ini memiliki program kerja dengan judul "Pengajaran Melukis dan Menulis bagi Anak-Anak Desa Ngaglik RT 05 RW 02 Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro". Setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selalu dipantau atau diawasi via online oleh Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan atau DPL kelompok R-6.

Dalam kegiatan KKN regular dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai dengan perizinan dan penjelasan program kerja kepada Ketua RT 05 mengenai kegiatan KKN yang akan dilakukan di wilayah Desa Ngaglik RT 05 RW 02. Setelah mendapatkan izin dari ketua RT, mahasiswa melakukan pertemuan dengan orang tua dan anak-anak SD untuk melakukan penjelasan secara rinci terkait kegiatan yang akan dilakukan serta melakukan kesepakatan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan mengajar melukis dan menulis. Kegiatan melukis dan menulis bagi anak-anak SD ini bertempat di gedung serbaguna RT 05 RW 02 Desa Ngaglik. Seluruh anak-anak atau peserta kegiatan KKN ini sangat antusias dan bersemangat mengikutinya. Hal ini dikarenakan anak-anak SD sudah cukup lama berada dirumah tanpa adanya sebuah kegiatan yang mengakibatkan kejenuhan dan kehilangan ruang ekspresi bagi mereka. 

Maka, melalui kegiatan ini, dapat menjadi salah satu jalan keluar agar anak-anak SD mendapat ruang berekspresi dan menghilangkan kejenuhan akibat pandemi Covid-19 dan program pendidikan dirumah aja. Selain melakukan pengajaran di bidang melukis dan menulis, mahasiswa juga memberikan sedikit sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dalam berkegiatan. 

Hal ini dilakukan agar mahasiswa dan peserta aman dari virus corona. Dalam kegiatan pengajaran melukis dan menulis, anak-anak SD diberikan bagaimana cara melukis dengan teknik satu arah, satu garis serta cara menulis puisi pendek dengan tema yang sudah di tentukan. Selain itu juga anak-anak juga dapat melukis bebas sesuai keinginan masing-masing dalam kegiatan pengajaran ini.