Pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus,pendidikan yang ada di Indonesia ini mungkin sudah hampir merata dari SD,SMP sampai SMA. Dan kita ketahui ada beberapa anak yang tidak bisa mengenyam bangku pendidikan seperti halnya kita bersekolah yakni anak yang berkebutuhan khusus,ya anak berkebutuhan khusus ini memiliki sikap,prilaku,pemikiran dan lainya yang tidak sama seperti kita ( bukan anak berkebutuhan khusus). 

Mereka di bedakan sekolah atau bisa di sebut ada sekolah yang khusus buat mereka (ABK),di sana mereka belajar seperti halnya kita belajar di sekolah,mereka belajar,bermain bersama teman sebayanya (ABK), di sana mereka di ajarkan cara belajar,berfikir,menganalisa, dan sebagainya seperti kita di sekolah,tetapi ketika mereka di ajarkan oleh guru di sana,para guru harus sangat perduli,ramah,dan harus selalu membuat mereka ceria, mereka (ABK) harus sangat di perhatikan dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan di sekolah maupun di rmh,karna mereka tidak bisa mengontrol diri mereka dengan baik,maka dari itu untuk para guru di sana,orang tua dan orang orang di sekitar mereka harus perduli terhadap mereka. 

Pendidikan inklusif sangat di butuhkan oleh mereka (ABK) karna dengan adanya pendidikan inklusif ini mereka bisa meningkatkan kualitas diri mereka baik primer atau skunder,mereka juga mempunyai kelebihan dalam diri mereka masing masing,bukan hanya anak yang tidak mempunyai kekurangan saja yang busa berkembang,anak berkebutuhan khusus pun bisa berkembang sangat pesat,tetapi harus adanya pendidikan yang mereka dapatkan dari para guru yang senantiasa memberikan materi kepada mereka. Mereka (ABK) juga tidak akan mau kalah terhadap anak sebayanya,tidak ada yang tidak mungkin anak berkebutuhan khusus (ABK) bisa sangat berprestasi ketimbang anak anak sebayanya. 

Peningkatan pendidikan inklusif ini harus terus di lakukan karna sangat membantu adik adik atau teman teman yang menyandang (ABK) untuk selalu berusaha,berjuang agar bisa berguna bagi orang banyak dan negaranya. Jika pendidikan inklusif terus di tingkatkan maka bisa membuat mereka (ABK) berkembang sangat baik.

 Agar pendidikan inklusif ini bisa berjalan dengan baik dan harus selalu di tingkatkan kita butuh seseorang atau guru guru yang paham akan hal hal mengenai peningkatan anak berkebutuhan khusus,butuh guru yang sangat ahli dalam bilang ini,karna apa? Karna jika kita memiliki guru yang hanya sebatas paham saja itu tidak akan membantu meningkatkan kualitas anak berkebutuhan khusus ( ABK ). kita harus benar benar memperhatikan masalah seperti ini,bukan hanya anak yang bersekolah seperti kita yang di perlakukan dengan baik,tetapi adik adik dan teman teman yang menyandang (ABK) harus lebih di perhatikan dengan baik oleh semua orang. Kita tidak boleh menyela,menghina,menjauh dari mereka (ABK),jika kita melakukan itu, itu akan membuat mereka depresi atau tidak percaya diri,kita harus saling membantu sesama,entah itu (ABK) ataupun yang lain kita harus saling membantu dalam hal apapun itu. 

Untuk pemerintah seharusnya lebih memperhatikan anak seperti ini (ABK),buat mereka nyaman dengan sekolahnya,beri mereka sesuatu yang membuat mereka bersemangat dan betah di sekolahnya. Kebutuhan mereka bisa di bilang cukup banyak,maka dari itu semoga pemerintah bisa memfasilitasi dengan baik untuk sekolah anak berkebutuhan khusus (ABK),tidak hanya fasilitas,tetapi dalam segitu hal apapun itu, seperti meningkatkan kepercayaan diri,kemampuan yang mereka miliki,bisa publik speaking dan lain lain. 

Jika mereka bisa menelan dan memahami semua materi mereka akan bisa sangat membantu negara ini dalam hal prestasi internasional untuk anak berkebutuhan khusus. Jika pendidikan ini terus bisa meningkat dan meningkat bukan tidak mungkin anak anak berkebutuhan khusus bisa menorehkan prestasi prestasi di dalam kegiatan apapun itu.jadi semoga kita smua bisa saling memahami,saling membantu entah itu guru,orang tua atau pun orng lain untuk terus memberikan yang terbaik dalam pendidikan inklusif ini,jangan sampai kita lepas mereka dan tidak perduli terhadap pendidikan mereka.