Bagi kamu pelajar SMA/SMK/sederajat yang tahun ini lulus sekolah, apakah sudah menyiapkan rencana untuk ke depannya? Kira-kira ingin melanjutkan pendidikan atau mencoba bekerja dulu, nih? Atau mungkin, kamu masih bingung dalam menjatuhkan pilihan?

Perlu kamu ketahui, antara kuliah dan bekerja keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Itulah yang membuat kedua pilihan ini sama-sama baik.

Nah, supaya kamu tidak tambah bingung, berikut ada empat langkah sederhana yang dapat kamu coba lakukan agar bisa segera mengambil keputusan ingin kuliah atau bekerja. Yuk, disimak!  

1. Ketahui apa yang menjadi mimpimu

Sebelum memutuskan mau kuliah atau bekerja, cari tahu terlebih dulu minat, passion, atau cita-cita apa yang ingin kamu capai di masa depan. Karena dengan ini kamu bisa tahu pilihan mana yang sebaiknya kamu ambil.

Apakah profesi atau cita-cita yang kamu impikan itu memerlukan jenjang pendidikan tertentu, misalnya lulusan perguruan tinggi atau sarjana? Kalau memang begitu, kamu dianjurkan untuk melanjutkan studimu.

Sebaliknya, jika pekerjaan yang kamu dambakan tak terlalu membutuhkan gelar pendidikan yang tinggi, maka tak mengapa jika kamu berencana untuk menunda kuliah dulu, dan lebih memilih langsung bekerja.

2. Minta pendapat orang terdekat

Mintalah pendapat orang-orang di sekitarmu, seperti keluarga, sahabat, atau guru. Karena boleh jadi orang-orang terdekatmu ini mampu melihat potensi yang ada di dalam dirimu, sehingga mereka pun bisa ikut membantu dan memberikan sarannya kepadamu.

Kendati demikian, keputusan mutlak tetap berada di tanganmu, pendapat dari orang lain tak mesti kamu jadikan patokan. Anggap saja saran dari orang lain hanya sebagai pertimbangan buatmu, yang artinya tak wajib untuk dituruti.

Jangan lupa juga untuk mengutarakan hal apa yang kamu inginkan. Jika orang-orang di sekitarmu ini mendukung dengan penuh terhadap keputusanmu, maka tak ada salahnya untuk kamu memperjuangkan hal tersebut.

3. Kenali lingkungan yang hendak kamu masuki

Sebelum memilih, ada baiknya kamu kenali lebih dalam lagi seluk-beluk dunia perkuliahan dan dunia kerja, sebab hal ini dapat memudahkanmu dalam memantapkan pilihan. Yang pasti, alur dunia kuliah dan bekerja itu berbeda jauh satu sama lain.

Selain itu, dunia kuliah dan dunia kerja juga mempunyai tantangan dan keseruannya sendiri. Jadi, pilihlah berdasarkan mana yang sanggup kamu jalani, agar kamu jadi betah dan semangat dalam melakukannya. 

4. Perhatikan keadaan ekonomi

Seperti yang kamu tahu, biaya kuliah itu tidaklah murah dan punya kecenderungan untuk mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, jika kamu, orangtua, atau walimu tak punya cukup biaya untuk kuliahmu, alangkah bijaknya kamu menunda kuliah dulu. Jangan sampai aktivitas perkuliahanmu terhambat di tengah jalan gara-gara terkendala biaya.

Kalau kamu bersikeras ingin tetap berkuliah, maka solusi terbaik adalah kamu bekerja dulu sambil mengumpulkan dana buat kuliah. Atau, kamu juga bisa mencoba mengikuti beasiswa yang diselenggarakan oleh sejumlah lembaga.

Atau mungkin, kamu tertarik dengan ide bekerja sembari kuliah? Memang tak mudah, tapi opsi terakhir ini layak untuk kamu pertimbangkan.

Pastikan kamu telah siap secara finansial jika memutuskan ingin berkuliah, supaya kamu dapat fokus menjalani kuliah tanpa memusingkan soal biaya.

Memilih antara kuliah atau bekerja, semua itu tergantung pada kondisi dan kebutuhanmu sendiri. Apa pun keputusan yang kamu ambil, apabila diawali dengan niat baik serta kesungguhan dalam melakukannya maka percayalah kesuksesan bisa dicapai.

Mau kuliah dengan waktu yang fleksibel karena sibuk kerja?? Ayo daftar ke Myedu sekarang juga!!

Hubungi WhatsApp 08111448080

Sumber