Di Indonesia ada banyak kampus ternama. Bahkan juga masuk pada pemeringkatan sebagai perguruan tinggi terbaik dunia. Tetapi bagi calon mahasiswa, kuliah juga bisa di luar negeri agar semakin mengembangkan kapasitas diri dan jadi sumber daya manusia andal. Meski demikian, kuliah luar negeri butuh biaya yang besar. Karena itu, bagi yang ingin kuliah di luar negeri tetapi terkendala finansial, maka masih ada kesempatan dengan mencari beasiswa.


Tapi, bagaimana caranya bisa dapat beasiswa luar negeri? Terkait hal itu, Rumah Beasiswa bersama Belajarin menggelar webinar dengan narasumber dosen dan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS). Salah satu narasumber, Kukuh Mukti Wibowo, S.Pd, seorang mahasiswa S2 Teknik Mesin UNS, Director Rumah Beasiswa, dan CEO Energy Society Corporation memberikan tips. "Banyak orang yang memiliki keinginan dan kemauan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Namun, mereka terkadang terkendala pada keyakinan mereka sendiri," ujar Kukuh seperti dikutip dari laman resmi UNS.


Menurut Kukuh, ini hal yang perlu disiapkan dalam meraih beasiswa luar negeri: doa merancang impian dan goal percaya diri sepenuhnya keyakinan dan pikiran positif "Biasanya orang itu pede di negaranya, pede di lingkungannya, pede di circle-nya. Tapi pada saat dia ketemu dengan lingkungan baru dia minder," ungkap Kukuh. Selain itu, terdapat hal-hal yang perlu disiapkan ketika mendaftar beasiswa luar negeri. Hal ini meliputi: memperbanyak relasi dan informasi berlatih bahasa CV & publikasi menjelajahi dunia


"Kita sudah punya HP, kita sudah punya Sosmed, dan kita setiap hari terhubung ke internet. Nah, kita bisa memperbanyak informasi-informasi tentang beasiswa itu dari situ," jelas Kukuh. Narasumber lain, Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi, M. Eng, Dosen terbaik UNS Science and Technology tahun 2019 serta penerima manfaat banyak beasiswa luar negeri juga membagikan tips. Menurutnya, betapa pentingnya memiliki cita-cita yang tinggi dan usaha yang giat.


Berkuliah di luar negeri memiliki segudang manfaat yang mampu mengembangkan diri individu. Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya: personal development networking yang baik kemampuan multi bahasa confidence level yang lebih mumpuni job opportinities yang lebih besar education quality yang lebih baik traveling colourful life "Manfaatnya adalah Anda masuk ke sebuah lingkungan yang di lingkungan itu adalah penuh dengan orang-orang yang masa depannya lebih baik. Anda akan menjadi lebih baik tentu saja," terang Dr. Nugroho.


Adapun beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah luar negeri seperti beasiswa: Monbukagusho oleh pemerintah Jepang Fulbright oleh pemerintar Amerika Serikat CIMO oleh pemerintah Finlandia Adapula jenis beasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas seperti program beasiswa di: All Taiwan University Leiden University George Washington University Untuk meraih beasiswa itu, Dr. Nugroho membagikan tips meraih beasiswa ke luar negeri: 1. Coba menciptakan mindset supaya membentuk motivasi dalam mewujudkan cita-cita berkuliah di luar negeri. 2. Segera mulai untuk mencari kampus idaman. Pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan pilihan dan peluang yang cocok.

3. Barulah mencari beasiswa dan membuat CV berkualitas guna mendukung individu berpeluang mendapatkan beasiswa luar negeri.


Kami dari MyEdu Indonesia memiliki solusi pendidikan yaitu Kuliah berbasis Online yang akan memudahkan mahasiswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun.
info lebih lanjut hubungi wa 08111 44 8080


sumber

Homeschooling - Bimbel Les Privat - UTBK Kedokteran PTN - Kuliah Online - PKBM